Mitos Kucing Mengagumkan: Mengungkap Fakta dan Cerita Menarik

Mitos Kucing Mengagumkan
Apakah Kucing Benar-benar Memiliki Sembilan Nyawa?

Banyak mitos tentang kucing telah beredar luas dan mungkin dipercaya oleh banyak orang di dunia. Salah satunya adalah tentang julukan kucing yang memiliki 9 nyawa. Namun, benarkah kucing betul-betul memiliki sembilan nyawa? Jawabannya singkat, tidak. Namun, ada sesuatu yang sangat memperdaya tentang sikap kucing yang membuatnya terlihat hampir mungkin bahwa mereka memiliki kehidupan ‘ekstra’.

Asal Usul Mitos Kucing yang Memiliki Sembilan Nyawa

Dilansir dari hillspet, terdapat pepatah kuno berbahasa Inggris yang berbunyi “A cat has nine lives. For three he plays, for three he strays, and for the last three he stays”, yang berarti seekor kucing memiliki sembilan nyawa, yaitu tiga untuk dia bermain, tiga untuk dia tersesat, dan tiga yang terakhir untuk dia tinggal.

Namun, seperti kebanyakan ucapan lisan, tidak ada bukti kapan dan di mana pepatah bahasa Inggris yang terkenal itu pertama kali didokumentasikan. Tapi, William Shakespeare mengetahui tentang pepatah itu, karena dia mereferensikannya dalam drama Romeo dan Juliet, yang ditulis pada akhir abad ke-16.

Dalam drama tersebut, William Shakespeare menjelaskan “Good king of cats, nothing but one your nine lives,”. Karena itu, mitos tersebut dikabarkan sudah ada sebelum akhir tahun 1500-an, dan kemungkinan berasal dari zaman kuno.

Bacaan Lainnya

Pengaruh Kehidupan Mistik Kucing dalam Sejarah

Menurut catatan majalah Science, daya tarik kucing sudah ada sejak sekitar 12.000 tahun yang lalu di rumah dan tempat ibadah orang Mesir kuno. Orang Mesir melihat teman kucing mereka sebagai makhluk ilahi dengan kekuatan gaib.

Khususnya pada kemampuan dewi Bastet yang dipercaya bisa berubah dari manusia menjadi kucing, dan kembali lagi. Hal itu mungkin telah mempromosikan gagasan bahwa kucing memiliki banyak kehidupan, karena dia terus muncul dan muncul kembali.

Sifat berbau mistik tersebut pun mengikuti kucing domestik selama migrasi dari Timur Tengah melalui Yunani, China, dan Eropa, hingga menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Arti Angka Sembilan dalam Mitos Kucing

Tapi, pada saat kucing pergi ke Inggris, kucing sangat dihormati lantaran kemampuannya menangkal tikus dibanding bereinkarnasi. Namun, terlepas dari pekerjaan mereka sebagai penangkap tikus, kucing juga dikenal dengan aura mistisnya.

Sementara itu, terkait 9 nyawa sendiri, hal itu lantaran angka 9 memiliki arti penting dalam numerologi. Karena, komposisinya yang terdiri dari tiga kelompok 3, seperti struktur dari peribahasa Inggris.

Lalu, 9 juga merupakan simbolis dalam budaya Islam, Yunani, dan Katolik Roma. Bila seekor kucing ‘Hidup Kembali’ berkali-kali, angka 9 masuk akal bila dilihat dari sudut pandang mistis. Kemudian, Bangsa Anglo-Saxon awal Inggris juga menggunakan angka 9 dalam konteks hukum dan sastra.

Namun berbeda dengan mitos kucing 9 nyawa atau tentang angka 9, di Spanyol kamu akan mendengar bahwa kucing memiliki tujuh nyawa, sedangkan legenda Arab dan Turki mengklaim enam nyawa. Tapi, terlepas dari perbedaan jumlah nyawa yang diduga dimiliki kucing, rata-rata kepercayaan menyebutkan bahwa kucing hidup lebih dari satu kehidupan.

Misteri di Balik Keterampilan Melompat Kucing

Mengenai mitos kucing memiliki 9 nyawa, banyak orang tua yang mengatakan tentang kucing soal kemampuan mereka melompat, memutar, dan mendarat dengan kakinya, yang mungkin menjadi alasan mengapa mitos tersebut menjadi legenda abadi.

Padahal, kucing yang bisa bergerak dari posisi rendah, melompat tinggi dan jauh dalam hitungan detik, bukan karena kekuatan magis, melainkan karena susunan biologis hewan tersebut.

Keterampilan melompat kucing yang mengesankan, dikarenakan massa otot dan panjang kaki belakang mereka. Karena kaki belakang kucing sangat kuat, sehingga mereka bisa dengan mudah melompat setinggi enam kali tinggi badannya.

Meskipun mitos tentang kucing memiliki 9 nyawa telah berkembang luas, kenyataannya adalah kucing hanya memiliki satu nyawa seperti hewan lainnya. Mitos tersebut berasal dari legenda kuno yang terus berkembang seiring waktu. Sifat mistis dan kemampuan kucing yang mengagumkan telah mengilhami mitos ini dan menjadikannya bagian dari warisan budaya yang kaya.

Jadi, saat Anda melihat kucing Anda melompat dengan elegan dan lincah, ingatlah bahwa itu adalah hasil dari kemampuan biologis mereka yang unik. Kucing adalah makhluk yang mempesona, tetapi kita harus memahami bahwa kehidupan mereka adalah seperti kehidupan hewan lainnya, hanya satu nyawa yang perlu dijaga.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *