Waspadalah! BPBD DKI Jakarta Memprediksi Potensi Banjir Pesisir hingga 9 Mei 2023

Banjir jakarta pesisir

Sahabat pembaca, pastikan untuk selalu waspada pada kondisi banjir pesisir yang diperkirakan terjadi selama empat hari ke depan. Wilayah pesisir Jakarta Utara diminta untuk lebih berhati-hati hingga 9 Mei 2023.

Informasi ini disampaikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melalui akun Instagram @bpbddkijakarta. Menurut BPBD DKI, kondisi ini disebabkan oleh fenomena fase bulan purnama pada 5 Mei.

“Waspada banjir pesisir Provinsi DKI Jakarta durasi 6-9 Mei 2023. Adanya fenomena fase bulan purnama pada tanggal 5 Mei 2023 berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air,” begitu penjelasan BPBD DKI seperti yang terlihat pada Sabtu (6/5/2023).

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di wilayah pesisir Utara DKI Jakarta.

Bacaan Lainnya

Untuk itu, masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga dalam mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut, di antaranya dengan memantau peringatan dini gelombang pasang melalui situs bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut, mengunduh buku panduan kesiapsiagaan, serta melaporkan bila terjadi potensi genangan atau banjir melalui aplikasi JAKI.

Jangan Biarkan Banjir Pesisir Menghalangi Kegiatanmu!

Sahabat pembaca, kita harus mengakui bahwa banjir pesisir seringkali menghambat kegiatan kita. Sebuah hujan lebat saja bisa menyebabkan kawasan pesisir menjadi banjir. Hal ini tentu sangat mengganggu, terutama bagi para pengusaha dan pekerja yang tinggal di kawasan tersebut.

Untuk itu, kita harus selalu waspada dan mengantisipasi dampak buruk banjir pesisir. Kita bisa melakukan langkah-langkah pencegahan seperti memantau perkembangan cuaca, mempersiapkan kebutuhan penting saat banjir, serta mempersiapkan peralatan penyelamatan.

Pentingnya Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana

Sahabat pembaca, pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana seperti banjir pesisir memang tidak bisa dipungkiri. Saat bencana melanda, kita tidak tahu kapan dan di mana kejadian tersebut akan terjadi.

Karena itu, kesiapsiagaan sangatlah penting untuk dilakukan. Melakukan persiapan dan berbagai tindakan pencegahan dapat meminimalisir dampak buruk bencana, serta membantu kita dalam menghadapi situasi yang tidak terduga.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *