Oleh-Oleh Khas Jogja yang Berbeda dari yang Lain – Tips Wisata

Tempat nongkrong di Jogja

Apabila kamu sedang berkunjung ke Jogja, pastinya tidak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas dari tempat tersebut. Selain sebagai kenang-kenangan, oleh-oleh juga bisa dijadikan sebagai cinderamata bagi keluarga dan teman-teman. Namun, dengan banyaknya oleh-oleh khas Jogja yang dijual di berbagai tempat, seringkali membuat kita bingung untuk memilih yang mana yang paling unik dan berbeda dari yang lain. Oleh karena itu, berikut ini adalah 5 oleh-oleh khas Jogja yang bisa kamu pilih sebagai kenang-kenangan.

Bakpia

Bakpia merupakan oleh-oleh khas Jogja yang sangat populer. Bakpia terbuat dari campuran tepung terigu, gula, dan kacang hijau. Bakpia terkenal dengan rasa manis dan gurihnya. Bakpia dapat ditemukan di toko-toko oleh-oleh di Jogja, namun yang paling terkenal adalah Bakpia Pathuk 25.

Wedang Ronde

Wedang ronde adalah minuman tradisional yang terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat-bulat kecil dan diisi dengan kacang tanah, kismis, dan jahe. Kemudian, bola-bola tersebut direbus dan dicampur dengan gula merah cair. Wedang ronde sangat cocok diminum ketika cuaca sedang dingin. Kamu bisa mendapatkan wedang ronde di warung-warung di Jogja.

Gudeg

Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah. Gudeg biasanya disajikan dengan nasi, ayam kampung, telur, dan sambal goreng krecek. Gudeg bisa ditemukan di berbagai tempat di Jogja, seperti di Pasar Beringharjo atau di Jalan Wijilan.

Bacaan Lainnya

Kerajinan Tangan

Selain oleh-oleh makanan, Jogja juga terkenal dengan kerajinan tangan yang sangat unik dan indah. Beberapa kerajinan tangan yang bisa kamu beli di Jogja antara lain batik, wayang kulit, topeng, dan ukiran kayu. Kamu bisa mendapatkan kerajinan tangan tersebut di Pasar Beringharjo atau di Kampung Taman Sari.

Kain Batik

Kain batik adalah oleh-oleh khas Jogja yang sudah sangat terkenal. Kain batik Jogja terkenal dengan corak yang indah dan warna yang cerah. Kamu bisa mendapatkan kain batik di Pasar Beringharjo atau di Malioboro.

Itulah 5 oleh-oleh khas Jogja yang bisa kamu pilih sebagai kenang-kenangan. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh tersebut ketika kamu berkunjung ke Jogja. Selamat berbelanja!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *